RONALDO LUIS

DEWALIGA.NET – Ronaldo Luis adalah salah satu pemain asal Brasil yang bersinar di FC Barcelona. Ia datang dari klub asal Belanda, PSV Eidhoven, pada akhir musim 1995/96 dengan harga 17 juta euro. Pemain yang lahir pada 18 September 1976 di Rio de Janeiro ini menjelma menjadi stiker yang mematikan di Eropa. Itu yang menyebabkan dirinya menjadi rebutan FC Barcelona dengan raksasa Italia, Inter Milan.

Di bawah asuhan pelatih asal Inggris, Sir Bobby Robson (RIP), Ronaldo menjelma menjadi striker yang lebih menakutkan dengan ciri khas skill yang mumpuni, kecepatan larinya yang dahsyat, dan finishing yang tajam. Pada pertandingan Piala Super Spanyol tahun 1996, Ronaldo mencetak dua gol ke gawang Atletico Madrid di Camp Nou.

Ronaldo pernah menjadi pemain terbaik dunia tahun 1996 versi FIFA kala bergabung dengan FC Barcelona. Bermain total, Ronaldo mencetak 47 gol dari 51 pertandingan si semua ajang. Ronaldo menyabet el pichichi dengan perolehan 34 gol di liga. Prestasi yang sangat menakjubkan yang ia peroleh kala itu.

Pemian yang menjadapat julukan Il Phenomenon atau Sang Fenomena ini menyumbang Piala Winners, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol bagi FC Barcelona. Selain itu, Ronaldo pun menjadi pesepak bola termuda yang mencapai posisi runner-uo Ballon d’Or yang pada kemudian hari dimenangkannya sebanyak empat kali berturut-turut. Dengan usianya yang masih muda dan menjanjikan, direksi klub menolak permintaan naik gaji daring sang agen pemain. Akhirnya, Ronaldo dijual ke Inter Milan seharga 19 juta euro. Pada tahun 2002-2006, Ronaldo bermain di Real Madrid, tapi kehebatannya sudah menipis, seiring seringnya cedera dan berat badannya yang terus naik.

16:29 PM