LIONEL MESSI

DEWALIGA.NET – Dengan perolehan empat gelar Ballon d’Or berturut-turut mulai 2009.2010,2011,dan 2012, setiap orang mengakuui secara resmi bahwa Lionel Messi adalah pemain terbaik di dunia. Selain berbagai pencapaian pribadi, ia juga seorang pemain yang mementingkan keberhasilan tim. Kariernya dimuali tahun 1995 di klub Newell’s Old Boy (Argentina) tempat dirinya bermain hingga tahun 2000. Ketika menginjak usia 13 tahun, LionelMessi menyebrangi Samudra Atlantik untuk mencoba keberuntungannya dengan FC Barcelona. Saat itu dirinya bergabung dengan tim U-14 FC Barcelona.

Messi memperlihatkan progress yang luar biasa di berbagai tingkatan usia, terus menanjak sejak dari FC Barcelona C, FC Barcelona B, kemudian tiba di tim utama dalah waktu yang singkat, sebuah rekor yang luar biasa. Pada musm 2003/2004 ketika usianya masih 16 tahun, Messi memulai debut pertamanya dalam sebuah pertandingan persahabtan dneg FC Porto di Dragao Stadium. Adapun penampilan pertamanya dalam pertandingan resmi bulan Oktober 2004. Saat itu, FC Barcelona melakukan pertandingan derby melawan Espanyol di Olimpic Stadium dengan kemenangan FC Barcelona 1-0. Dengan beberapa pemain utama yang cedera maka kesempatan datang bagi pemain cadangan untuk ikut bermain. Messi pun menjadi salah satu pemain yang mula rutin bermain untuk skuat Blaugrana.

Pada tanggal 1 Mei 2005, ia menjadi pemain termuda yang mencetak gol untuk FC Barcelona ketika melawan Albacete di usia 17 tahun. Namun, rekor itu terpecahkan olej Bojan Krlic, pemain FC Barcelona lainnya,pada kemudian hari. Musim 2005/2006 merupakan musim yang istimewa bagi Messi. Ia memulainya dalam sebuah pertandingan fantastis melawn Juventus di pertandingan Trofi Joan Gamper. Ia juga bermain sangan menonjol ketika melawan Real Madrid di antiago Bernabeu dengan kemengan tak terlupakan, 3-0. Tidak lupa kontribusinya yang luar biasa di pertandingan Liga Champions melawan Chelsea di Stamford Bridge. Namun, sayang cedera kemudian menghampirinya dan Messi haru rela istirahat selama sisa musim. Dalam musim itu saja Mesi sudah bermain total sebanyak 17 pertandingan di La Liga, 6 di Liga Champions dan 2 di Cpa del Rey. Secara keseluruhan ia mencetak 8 gol.

Musim berikutnya Messi kembali melaju setelah sembuh dari cedera. Gol yang dicetaknya ketika melawan Getafe dalam Copa del Rey tidak mudah dilupakan. Gol tersebut menunjukkan betapa hebatnya kualitas seorang Messi. Pada musim 2006/2007 meskipun timnya tidak memenangi gelar apapun, Messi menjadi pemenang kedua penghargaan FIFA World Player of The Year dan menjadi pemenng ketiga dia ajang bergengsi Ballon d’Or. Ia terus berkembang pada musim 2007/2008 dengan mencetak 16 gol dan memberikan 10 assist dalam 40 pertandingan yang ia mainkan. Pada tahun 2008 Messi menjadi pemenang kedua dalam penghargaan FIFA World Player of The Year untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

Musim 2008/2009, tanpa Ronaldinho di dalam tim, Lionel Messi menjadi bintang utama dalam pertunjukan FC Barcelona. Ia berhasil bebas dari cedera sepanjang musim, bermain di 51 laga, dan mencetak 38 gol. La Pulga juga bermain sangat baik di final Copa del Rey dan Liga Champions dengan mencetak gol di kedua pertandingan tersebut. Pada tahun 2009, ia kahirnya memenangi penghargaan World Player of The Year sekaligus Ballon d’Or.

Selain prstasi yang sudah ia peroleh sebelumnya, ia masih meraih prestasi sebagai top scorer pada musim 2009/2010. Rekor gol Messi tersebut menyamai rekor total gol Ronaldo Luis sebanyak 34 gol.

02:15 AM